Inilah 12 Urutan Zodiak Berdasarkan Bulan dan Tanggal Lahir Terbaru

Proteksikeuangan.id – Apakah kamu pernah mendengar tentang konsep astrologi yang dikenal dengan istilah Zodiak? Zodiak umumnya digunakan untuk meramalkan nasib seseorang berdasarkan posisi benda-benda langit.

Pandangan mengenai Zodiak ini beragam, ada yang mempercayainya sepenuhnya sementara yang lain hanya menikmati keseruannya.

Pengertian Zodiak

Urutan Zodiak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Zodiak adalah lingkaran khayal yang terletak di langit dengan pusatnya berada pada ekliptika dan dibagi menjadi dua belas tanda zodiak.

Keduabelas tanda zodiak ini dikategorikan berdasarkan bulan kelahiran seseorang.

Setiap tanda zodiak memiliki simbol dan cerita yang unik.

Secara umum, nama dan lambang zodiak ini dikaitkan dengan hewan tertentu, sejalan dengan arti Zodiak dalam bahasa asing yaitu ‘zodiacus’ yang berarti “lingkaran hewan”.

ZodiakTanggal LahirSimbol
Capricorn22 Desember – 19 Januari
Aquarius20 Januari – 18 Februari
Pisces19 Februari – 20 Maret
Aries21 Maret – 19 April
Taurus20 April – 20 Mei
Gemini21 Mei – 20 Juni
Cancer21 Juni – 22 Juli
Leo23 Juli – 22 Agustus
Virgo23 Agustus – 22 September
Libra23 September – 22 Oktober
Scorpio23 Oktober – 21 November
Sagittarius22 November – 21 Desember

Setiap zodiak memiliki simbol dan ditampilkan dengan sifat dan karakteristik unik yang dipercaya menurut mitologi Yunani.

1. Capricorn (22 Desember – 19 Januari) ♑

Capricorn

Capricorn memiliki reputasi sebagai individu yang teguh, tahan lama, dan sering tidak peka terhadap perasaan orang lain. Mereka cenderung patuh pada aturan dan memiliki prinsip yang kuat.

Asal-usul zodiak Capricorn berasal dari kisah Dewa Pan. Suatu ketika, Dewa Pan melompat ke air untuk menghindari monster Phyton yang mengejarnya.

Ketika melompat, dia berubah menjadi hewan dengan bagian atas berupa kambing dan bagian bawah berupa ikan.

Oleh karena itu, simbol Capricorn sering kali digambarkan sebagai kambing jantan berjanggut dengan ekor.

2. Aquarius (20 Januari – 18 Februari) ♒

Aquarius

Aquarius dikenal sebagai individu yang mandiri, misterius, dan memiliki pandangan yang tinggi terhadap orang lain. Mereka cenderung memiliki idealisme yang kuat dan jarang merasa puas.

Lambang Aquarius adalah seseorang yang menuangkan air dari kendi. Menurut mitologi Yunani, ada seorang pangeran bernama Ganymedes yang diculik oleh Zeus dan dibawa ke Olympus.

Di sana, Ganymedes ditugaskan menjadi pelayan pribadi Zeus, sebuah jabatan yang tinggi.

Pada suatu ketika, Ganymedes merasa jenuh dan memutuskan untuk menuangkan semua air, anggur, dan ambrosia yang ada, sehingga menyebabkan banjir di bumi.

Melihat tindakan ini, Zeus menyadari kesalahannya dan memberikan Ganymedes tempat di langit sebagai konstelasi Aquarius.

3. Pisces (19 Februari – 20 Maret) ♓

Pisces

Pisces dikenal memiliki imajinasi yang kuat, intuisi yang tajam, dan sering menjadi tempat curhat bagi orang lain. Mereka dapat memberikan saran yang baik dalam berbagai situasi.

Asal-usul Pisces berasal dari perang antara monster terbesar, Typhon, dengan para dewa. Para dewa menyamar dan menyerang Typhon.

Dewi Cinta dan Kecantikan, Aphrodite, dan putranya, Eros, menyelam ke dalam laut dan berubah menjadi dua ekor ikan.

Mereka berhasil mengalahkan Typhon. Sebagai ungkapan terima kasih, Aphrodite memberikan ikan-ikan tersebut tempat di langit sebagai konstelasi Pisces.

4. Aries (21 Maret – 19 April) ♈

Aries

Aries dikenal sebagai individu yang teguh pada prinsipnya, jujur, dan hanya akan melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka juga cenderung memiliki sifat temperamental.

Lambang tanduk emas pada Aries melambangkan domba. Menurut mitologi Yunani, ada peri awan bernama Nephele yang mengirim Chrysomallus untuk menyelamatkan kedua anaknya, Phrixus dan Helle, yang akan dikorbankan kepada para dewa.

Chrysomallus adalah seekor domba yang memiliki tanduk emas. Ketika Chrysomallus menyelamatkan kedua anak tersebut, salah satu dari mereka jatuh dan meninggal.

Merasa bersalah, Chrysomallus terbang ke surga dan mengorbankan dirinya sendiri kepada para dewa. Sebagai penghargaan atas pengorbanannya, Zeus menempatkan Chrysomallus sebagai konstelasi Aries di langit.

5. Taurus (20 April – 20 Mei) ♉

Taurus

Taurus dikenal sebagai individu yang cerdas, dapat diandalkan, dan memiliki kestabilan dalam hidup mereka. Mereka tidak mudah terpengaruh oleh gosip dan memiliki kepercayaan yang kuat pada orang-orang terdekat mereka.

Simbol Taurus adalah seekor banteng yang melambangkan Dewa Zeus yang kuat dan hebat, serta suka mengubah penampilannya.

Menurut mitologi Yunani, banteng tersebut adalah Zeus yang mengubah bentuknya.

Europa, seorang putri dari wilayah Phoenicia di Timur Tengah, menarik perhatian Zeus. Zeus kemudian mengubah dirinya menjadi banteng putih yang indah untuk memikat hati Europa.

Europa tertarik dan naik ke punggung banteng tersebut. Mereka berlayar melintasi samudra ke wilayah Yunani Kuno.

Setelah itu, Zeus mengubah dirinya menjadi seekor elang dan memperkosa Europa. Sebagai akibat dari tindakan dan perselingkuhan tersebut, Zeus menempatkan lambang banteng di langit sebagai konstelasi Taurus.

6. Gemini (21 Mei – 20 Juni) ♊

Gemini

Gemini dikenal sebagai individu yang dapat beradaptasi dengan cepat sesuai dengan lingkungan dan energi di sekitarnya. Mereka memiliki kemampuan intuitif yang tajam dan dapat dengan mudah membaca situasi.

Simbol Gemini yang terdiri dari dua anak kembar berasal dari mitologi Yunani, yakni Castor dan Pollux. Mereka adalah saudara kembar, anak dari Leda dengan dua ayah yang berbeda.

Ayah Castor adalah Tyndarus, seorang raja Sparta, sementara ayah Pollux adalah Dewa Zeus.

Pollux, sebagai anak Zeus, memiliki kehidupan yang abadi. Hubungan antara Castor dan Pollux sangat erat.

Mereka berdua tampan dan suka berpetualang. Castor dikenal sebagai penunggang kuda yang ulung, sementara Pollux memiliki kekuatan luar biasa.

Dalam suatu pertempuran, Castor gugur. Hal ini membuat Pollux merasa putus asa dan memohon pada Zeus agar menghilangkan keabadiannya sehingga dia bisa mati bersama saudaranya.

Namun, Zeus menolak permohonannya. Sebagai gantinya, Zeus membuat mereka berdua tetap bersama selamanya sebagai konstelasi Gemini di langit.

7. Cancer (21 Juni – 22 Juli) ♋

Cancer

Cancer memiliki sisi yang tersembunyi dari banyak orang. Mereka adalah pengambil keputusan yang baik, tetapi terkadang terkesan sombong dan sulit bergaul pada pertemuan pertama.

Asal-usul Cancer berasal dari kisah Hercules (Heracles) yang diberi tugas untuk membunuh Lernaean Hydra, seekor ular dengan ratusan kepala. Hera, istri Zeus, meminta bantuan seekor kepiting raksasa untuk membantu Hydra melawan Hercules.

Kepiting raksasa tersebut berhasil membuat Hercules menderita dengan capitnya, tetapi Hercules berhasil mengalahkannya.

Meskipun kepiting kalah dalam pertarungan tersebut, Hera tetap bangga dan memberikan kepiting tersebut tempat di antara bintang-bintang sebagai konstelasi Cancer.

8. Leo (23 Juli – 22 Agustus) ♌

Leo

Leo memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan ambisi untuk menjadi pemimpin. Namun, sifat percaya dirinya bisa membuatnya keras pada dirinya sendiri dalam hal penilaian.

Nemean Lion adalah tantangan pertama yang dihadapi oleh Hercules. Singa ini memiliki bulu emas dan kulit yang tidak dapat ditembus oleh senjata apapun.

Hercules berhasil membunuh Nemean Lion dengan melemparkan potongan kayu ke arah tenggorokannya, membuat singa tersebut mati tersedak.

Ia kemudian menggunakan cakar singa itu untuk merobek kulitnya, dan bulu singa digunakan sebagai perlindungan dalam pertempuran selanjutnya.

Pertempuran epik ini membuat Zeus memberikan singa Nemean tempat di langit sebagai konstelasi Leo.

9. Virgo (23 Agustus – 22 September) ♍

Virgo

Virgo adalah individu yang suka membantu orang lain dan memiliki kecerdasan serta kepribadian yang baik hati. Mereka bahkan siap mengorbankan diri mereka sendiri demi teman-teman mereka.

Zodiak Virgo berasal dari kisah Pandora, seorang wanita yang diciptakan oleh Dewa Keterampilan, Hephaestus.

Pandora membuka kotak terlarang, melepaskan segala kejahatan ke dunia, termasuk kematian.

Akibatnya, semua dewa yang berada di bumi kembali ke surga untuk menghindari kejahatan tersebut.

Simbol wanita perawan pada zodiak Virgo melambangkan kesucian, kemurnian, dan kepolosan Dewi Astraea, dewi yang terakhir meninggalkan bumi.

Astraea diberi tempat di rasi bintang sebagai peringatan akan hilangnya kesucian, kemurnian, dan kepolosan di dunia.

10. Libra (23 September – 22 Oktober) ♎

Libra

Libra memiliki nilai tinggi terhadap harmoni dalam semua aspek kehidupan. Mereka adalah ahli dalam kompromi dan diplomasi, sehingga menjadi penengah yang baik.

Mereka juga menikmati interaksi sosial dan senang berada di tengah keramaian.

Libra melambangkan keadilan dan kebenaran. Kisahnya berkaitan dengan Dewi Keadilan, Themis.

Themis adalah ibu dari Dewi Astraea, dan keduanya berdampingan dalam konstelasi bintang.

Simbol Libra mengingatkan kita bahwa keadilan dan kebenaran adalah prinsip yang sangat penting dalam kehidupan dan tidak boleh dilupakan.

11. Scorpio (23 Oktober – 21 November) ♏

Scorpio

Scorpio adalah individu yang suka berdebat dan tidak takut dengan kontroversi. Mereka memilih jalannya sendiri dan tidak peduli dengan apa yang orang lain pikirkan.

Orang dengan zodiak Scorpio memiliki perasaan yang sensitif dan setia pada lingkaran mereka.

Scorpio berasal dari kisah kesombongan Orion, pria terganteng dan tertinggi yang pernah ada.

Orion dengan bangga menyatakan bahwa dia bisa mengalahkan semua makhluk di bumi.

Kesombongannya menyebabkan Dewi Bumi, Gaia, mengirim seekor kalajengking untuk melawan Orion. Orion mati karena sengatan racun kalajengking.

Kemenangan kalajengking itu menyebabkan Gaia menempatkan kalajengking tersebut sebagai konstelasi Scorpio di antara bintang-bintang.

12. Sagittarius (22 November – 21 Desember) ♐

Sagittarius

Sagittarius berasal dari tokoh mitologi Chiron, makhluk setengah manusia setengah kuda. Orang yang berzodiak Sagittarius memiliki tekad kuat, independen, tidak takut berjalan sendiri, dan setia serta pandai menjaga rahasia teman-teman mereka.

Dalam pertarungan, Hercules menghindari panah beracun lawan, tetapi panah tersebut mengenai kaki Chiron.

Chiron adalah anak Poseidon yang abadi, tetapi dia harus menderita rasa sakit yang tak tertahankan.

Dalam perjalanan bersama Hercules, mereka bertemu dengan Prometheus, pencipta manusia yang terkurung.

Chiron setuju untuk menggantikan posisi Prometheus yang terkurung, sehingga Prometheus bisa bebas.

Keputusan tersebut membuat Zeus menempatkan Chiron di rasi bintang sebagai zodiak Sagittarius, sebagai penghargaan atas pengorbanan dan kebaikan hati Chiron.

Akhir Kata

Dengan demikian, urutan zodiak berdasarkan tanggal lahir menyajikan sifat, karakter, dan kisah menarik yang terkait dengan mitologi Yunani.

Setiap zodiak memiliki ciri khasnya sendiri dan memberikan wawasan tentang kepribadian dan sifat manusia yang terlahir pada rentang tanggal tertentu.

Dengan memahami urutan zodiak ini, kita dapat melihat aspek unik dari diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Selain itu, cerita mitologi yang terkait dengan masing-masing zodiak memberikan dimensi tambahan yang menarik dan memberikan warna pada interpretasi astrologi.

Namun, penting untuk diingat bahwa interpretasi zodiak bukanlah aturan mutlak atau prediksi nasib yang pasti.

Ini hanyalah panduan umum yang dapat digunakan sebagai refleksi diri dan pemahaman lebih dalam tentang karakteristik individu.

Kita tetap memiliki kebebasan dan tanggung jawab untuk membentuk hidup kita sendiri, tidak tergantung pada tafsiran astrologi semata.

Jadi, sambil menghargai dan mengeksplorasi urutan zodiak dan sifatnya, tetaplah menjadi pengambil keputusan yang bijak dan bertanggung jawab atas hidup kita sendiri.